RENCANA PEMBANGUNAN HALTE/STASIUN DI DESA BONANG PADA MASA KOLONIAL
840
Kawasan Priangan terus berkembang sebagai wilayah subur dan banyak menghasilkan komoditas pertanian dan perkebunan namun tidak ditunjang oleh memadainya sarana transportasi, sementara Cirebon tumbuh menjadi pelabuhan penting dan alternatif selain Tanjung Priok.
Berdasarkan Besluit No 12Februari1871 dibentuk komite penyelidikan oleh J. P de Borde dan J. Muliemeister yang hasilnya merekomendasikan jalur kereta dgn jarak antara Bandung dan Cirebon sepanjang 115 km dengan perkiraan biaya pembangunan f 9.650.000 (setara sekitar 1,8 Triliun Rupiah pada tahun 2025,jika dihitung berdasarkan inflasi dan kurs saat ini)
Rencana jalur lainnya yang akan di bangun di Majalengka adalah jalur penghubung wilayah Priangan menuju ke Cirebon. Rencana ini berlanjut dengan survei yang dilakukan pada tahun 1896 dimana Jalur Kereta Api Sekunder ini akan bermula dari Malangbong Garut menyusuri lembah sungai cimanuk hingga berakhir diBonang(Panyingkiran) dan Karangsambung (Kadipaten) untuk selanjutnya diteruskan menuju Cirebon.
Rencana tersebut berdasarkan hasil kajian / survei yang ditugaskan Direktur Pekerjaan Umum dan Sipil Hindia Belanda dan surat kepada Pemerintah Belanda bertanggal 22 Februari 1896.
Rencananya jalur ini akan memiliki beberapa Stasiun / Halte yaitu:
Biaya pembangunan diperkirakan f 8.151.00 (sekitar 1,52 Triliun Rupiah pada tahun 2025, jika dihitung berdasarkan inflasi dan kurs saat ini) atau f 34,200 / KM. Besarnya biaya pembangunan dikarenakan adanya perlu dibuatnya 7 terowongan di jalur tersebut
Namun ternyata biaya pembangunan jalur ini jauh lebih mahal dari perkiraan pada saat survei, terlebih medan yang dilalui cukup berat. Dari rencana jalur Malangbong -Kadipaten - Cirebon, jalur yang akhirnya dibangun hanyalah Kadipaten - Cirebon pada tahun 1901 sementara Kadipaten - Malangbong dibatalkan, Untuk jalur ke kawasan Priangan / Bandung pemerintah Hindia Belanda mulai merencanakan jalur lain yaitu Kadipaten - Bandung melalui Sumedang
Sumber :
-Peta 'Spoor en Tremwegkaart van Java en Madoera 1900' KITLV Universitieit Leiden